10 Macam Jenis Bunga Yang Bisa Dimakan- Nomor 10 Ternyata Bisa Dimakan Loh!


Muhammad Iqbal Basri - Bunga adalah bagian dari tumbuhan yang dapat menghasilkan bakal buah, dan memiliki keindahan untuk hiasan di pekarangan rumah, serta memberikan kesan yang tenang dan damai.

Bunga selain dijadikan untuk hiasan dekorasi taman dan pekarangan rumah, karena bunga terlihat manis dari warna dan keindahannya oleh karena itu ada beberapa jenis bunga banyak yang diolah dan dikonsumsi karena dilengkapi manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Apa saja jenis-jenis bunga itu? langsung saja kita bahas satu per satu.

1. Semanggi

Bunga Semanggi sebenarnya merupakan bagian dari semacam jenis tanaman liar paku air yang sering ditemukan di daerah perairan seperti di pinggir sungai, persawahan dan rawa. Umumnya daun semanggi banyak dijadikan makanan seperti urap, sayur bening, dan pecel. Selain daunnya mungkin ada beberapa yang belum mengetahuinya bagian dari tumbuhan ini adalah bunganya dan ternyata bisa dimakan dan diolah jika Anda bisa mengolahnya dengan baik.

2. Dandelion

Bunga Dandelion atau orang lain menyebutnya dengan Randu Tapak, benua Eropa dan Asia adalah tumbuhnya bunga Dandelion, deskripsi paling mudah bunga ini akan terbang jika ditiup oleh angin, bunga-bunga kecil tersebut merupakan biji-biji yang sebenarnya bakal buah dari bunga Dandelion

3. Mawar

Bunga Mawar sering kali dijumpai sebagai tanaman hias karena memiliki variasi warna nan cantik ini, serta bunga mawar paling sering dijadikan hand bouquets juga untuk sebagai karangan bunga dan hadiah special di hari valentine karena bunga ini memiliki kesan indah untuk wanita. Tidak hanya itu, bunga mawar ternyata bisa diolah dan dimakan.

4. Lavender

Bunga Lavender merupakan jenis bunga yang memiliki kuntum kecil dan berwarna ungu, bunga Lavender ini berasal dari Perancis. Bunga Lavender paling dipercaya dapat mengusir nyamuk karena dari aromanya juga dapat menjadi lotion anti nyamuk serta manfaat lainnya yang terkandung di dalamnya.

5. Matahari

Bunga Matahari yang biasa disebut sebagai bakal menghasilkan biji kuaci yang dijadikan cemilan yang menyehatkan ini jika sudah kering nantinya, bunga ini memiliki kuntum berwarna kuning maka dari itu dinamakan seperti Matahari yang bersinar cerah, bunga ini dapat diolah dari bagian kelopaknya yang tentunya dapat menghasilkan manfaat yang sangat banyak dan terutama untuk bahan pelengkap makanan.

6. Kamomil

Bunga Kamomil merupakan tanaman yang diyakini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan, bunga ini mirip dengan bunga Aster dengan kuntum berwarna putih dengan inti berwarna berwarna kuning. Bunga ini juga diyakini bisa dimakan dan diolah contohnya yang paling populer dijadikan teh.


7. Pansy

Bunga Pansy merupakan bunga yang dinilai sebagai bunga yang membawa senyum kebahagiaan ini karena dari warna kuntumnya yang cantik. Tidak selain itu saja, bunga Pansy ternyata memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan dan pastinya bisa dikonsumsi juga, serta tanaman hias di pekarangan rumah dan bunga ini paling cocok tumbuh di udara yang sejuk.

8. Nasturtium

Bunga Nasturtium memiliki bentuk bulat ini, bunga ini kerap dijadikan sebagai kombinasi salad yang pasti bisa dimakan, bunga ini memiliki rasa sedikit pedas dan agak pahit dari selada air. Tidak hanya dikonsumsi, bunga ini juga bisa menjadi tanaman hias yang indah karena dari bunga-bunganya yang cantik.

9. Marigold

Bunga Marigold atau bunga yang dikenal dengan nama gemitir atau gumitir, memiliki kelopak warna kuning cerah keemasan yang banyak digunakan sebagai tanaman hias, terutama dalam acara pernikahan. Keindahannya yang mempesona bunga ini ternyata dilengkapi dengan manfaat untuk kesehatan, bisa diolah atau dikonsumsi agar mendapatkan khasiat yang terkandung di dalamnya dan tergantung kebutuhan masing-masing.

10. Tulip

Bunga Tulip merupakan salah satu jenis bunga yang berasal dari Asia Tengah, bunga ini menjadi daya tarik manusia karena keindahan variasi warna yang dimilikinya, di negeri Kincir Angin Belanda bunga tulip sangat terkenal dan tumbuh subur di sana karena sangat cocok tumbuh di cuaca yang dingin, tahukah Anda? Ternyata bunga tulip bisa dikonsumsi, yang pasti dapat mengundang daya tarik mata kita untuk penasaran mengonsumsinya.

2 Responses to "10 Macam Jenis Bunga Yang Bisa Dimakan- Nomor 10 Ternyata Bisa Dimakan Loh!"

  1. belum pernah lihat dandelion seindah itu, bagus bagt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah pernah liat kan?

      makasih ya udah berkunjung :-)

      Delete