Pengalaman Dapat Kiriman Surat Dari KBRI Luar Negeri

Pengalaman Dapat Kiriman Surat Dari KBRI Luar Negeri

Muhammad Iqbal Basri - Hasil kerja keras tak akan pernah mengkhianati hasil, dengan inisiatif yang saya lakukan saat itu saya mulai mencari dari beberapa alamat KBRI luar negeri cari di internet mulai dari benua Asia-Afrika dan hingga sampai ke Eropa, dan ada sebagian juga dari benua Amerika.

Ini bertujuan nantinya aku mau kirim surat satu per satu ke Kedubes Republik Indonesia di setiap negara di dunia, meskipun tidak semua alamat KBRI aku kirim ke mereka dengan tujuan minta tolong balas surat yang telah aku kirim. Karena dari surat biasanya dibubuhkan perangko, dari situlah aku ada kepikiran begitu.

Maka dari itu, cuman gara-gara perangko saja sampai harus minta tolong dari KBRI. Namanya juga usaha apapun juga bakal dilakukan. Siapa tahu mereka mau membantu, jadi tidak ada salahnya mencoba terlebih dulu. Ini pun juga anggap saja bagian dari pengalaman pertama kali.

Berawal dari hobi Filateli


Dari sini awalnya aku bingung buat mikir biaya ongkos kirim suratnya yang pasti biayanya cukup mahal untuk bisa mengirimkan surat ke beberapa KBRI yang saya sudah tentukan negara mana saja yang mau aku kirim, awalnya sih..aku tak terlalu peduli jika uang habis.


Memang sejak saat itu saya masih duduk di bangku SMA, saya terkadang menyisihkan uang saku hanya untuk membeli perangko cadangan buat mengirimkan surat berikutnya.

Ditambah lagi estimasi pengiriman yang dituju, yang sangat disayangkan walau tak semua dibalas olehnya.Nah.. Di awal tadi saya sudah begitu menduga lebih baik mencoba yang dekat-dekat saja dulu.

Hal ini saya alami ketika saya sedang gemarnya mengoleksi perangko hingga saya harus meminta langsung ke KBRI. Pada saat itu sih aku belum begitu tahu kalau tugas KBRI itu pastinya sangat sibuk dan pasti tugas salah satunya membantu WNInya dalam suatu kebutuhan.

Intinya sih.. yang penting surat bisa sampai ke tangan mereka mau dibalas atau tidak itu semua sudah tanggung jawab mereka.

Nah.. langsung saja tak usah banyak basa basi berikut surat-surat yang pernah saya terima:

Surat dari KBRI Thailand

Surat yang pertama diterima adalah dari KBRI Bangkok Thailand, padahal surat yang saya kirimkan tidak terlalu setelah estimasi pengiriman mungkin langsung dibalas oleh pihak sana.


Kemudian isi suratnya berisi:

Yth. Bapak/Sdr Muhammad Iqbal

Nama saya Suargana Prengganu. Saya bekerja di KBRI Bangkok. Saya menghargai usaha yang dilakukan melalui surat ini, isi surat anda baik dan kalimat surat juga sangat bagus, mendorong saya dengan senang hati mencari perangko Thailand.

Seperti mungkin Anda ketahui,Thailand adalah negara yang mengagungkan Raja Bhumibol Adulyadej, raja yang sekarang berkuasa di Thailand. Foto raja selalu dimuat dalam perangko dan uang Thailand.

Variasi gambar perangko (selain gambar raja) adalah gambar gajah, saya sertakan dua buah perangko gajah.

Saya bukan seorang filateli, sehingga saya tidak bisa memberikan koleksi Raja Thailand yang kuno atau edisi khusus. Tapi saya berharap ini dapat menambah banyak koleksi Anda.

Salam,

Suargana Prengganu
KBRI Bangkok

Bangkok, 26 Mei 2011

Surat dari KBRI Brunei Darussalam

Berikutnya surat yang kedua adalah dari KBRI Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam dan berikut isi suratnya tertulis:



Saudara Muhammad Iqbal,

Sesuai permintaan Saudara, bersama ini kami kirimkan beberapa perangko Brunei Darussalam untuk melengkapi/menambah koleksi Saudara. Semoga bermanfaat.

Salam kembali

(Signature)

Suhaini

Surat dari KBRI Australia

Selanjutnya, yang ketiga menyusul dari KBRI Canberra Australia dan beserta isi suratnya tertulis:


Canberra, 16 Juni 2011

Muhammad Iqbal
(Tertulis dengan alamat saya)

Saudara Iqbal,

Terima kasih banyak atas surat yang dikirimkan kepada KBRI Canberra. Sesuai permintaan Saudara, terlampir disampaikan beberapa perangko dari Australia. Selain itu, terdapat perangko yang telah dicap oleh Kantor Pos Australia pada amplop ini.

Seandainya terdapat hal lain yang dapat kami bantu, KBRI Canberra dengan senang hati membantu.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Salam,

(Signature)

Eko Junor
Sekretaris Pertama Penerangan Sosial Budaya
KBRI Canberra

Surat dari KBRI Yaman

Kemudian surat berikutnya  yang terakhir dan beserta isi suratnya, ini dari KBRI Sana'a Yemen



Isi suratnya tertulis:

Kepada Yth,
Mohammad Iqbal
Di Jakarta

Assalamu 'alaikum Warrahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar Iqbal? Semoga Iqbal, keluarga dan kawan-kawan di Madrasah Aliyah Al-Falah selalu dalam perlindungan Allah SWT. Kami di KBRI Sana'a dengan senang hati menerima surat Iqbal dan insya Allah akan memberikan perangko yang Iqbal butuhkan.

Akhirnya, semoga Iqbal dapat melaksanakan tugas sebagai pelajar di Madrasah Aliyah Al-Falah dan berhasil meraih segala yang dicita-citakan.

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sana'a 28 Desember 2011
Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya

(signature)

Priyanto Mawardi

Saya sangat berterima kasih banyak kepada semua Petugas KBRI yang tentunya telah meluangkan waktu membalas surat saya dengan sepenuh hati, dan pastinya juga. Mereka bangga dan menghargai usaha yang saya lakukan selama ini.

Di pertengahan tahun 2011 hingga akhir 2012 di saat itu saya semakin sering menerima surat dari berbagai negara, tapi bukan dari KBRI lagi melainkan dari sahabat pena saya. Mulai dari kartu pos,surat serta kartu ucapan darinya.

Sejak saat itulah saya sangat bangga dengan hasil kerja keras yang saya lakukan selama ini, begitu banyak pelajaran yang didapat dari pengalaman yang pernah dialami sebelumnya serta dukungan tentunya almarhum kakak ku.

Penutup

Pesan untuk kalian semua segala apapun itu tak ada yang tak mungkin jika kita memiliki keinginan dalam suatu tujuan Insya Allah semua akan berjalan dengan lancar walaupun tak semudah yang dilakukan, tak secepat yang kalian inginkan karena dalam proses tersebut membuat kita semakin kerja keras dan tentunya kesabaran adalah kunci dalam kesuksesan.

Jangan pernah menyerah ya.. mungkin saat ini kesuksesaan anda sudah sebentar lagi di depan mata terus.. teruslah di kejar !

Never Give Up !

Terima kasih dan semoga artikel ini dapat menginspirasi untuk semua.

4 Responses to "Pengalaman Dapat Kiriman Surat Dari KBRI Luar Negeri"

  1. keren gan, gak pernah kefikiran bisa begitu

    ReplyDelete
  2. mantep, bisa sampe dapet alasan dari KBRI Luar Negeri Keren bener.

    ReplyDelete
  3. I am really impress with your blog so 3 words for your website, unique information, good selection of topic and quality. Thanks

    ReplyDelete
  4. We find your website is very good and unique information provided by you Latest mobiles 2018

    ReplyDelete